Headlines News :
Home » » Waspada Demam Berdarah Di Musim Hujan

Waspada Demam Berdarah Di Musim Hujan

Written By Unknown on 28 Jun 2013 | 07.59

Uma Solud – Kota Bima, Kemarin Pak RT 11/RW 04 Mastur (43) beserta Petugas Dinas Kesehatan Kota Bima (Dikes), mengimbau masyarakat agar waspada terhadap penyakit demam berdarah pada musim hujan saat ini.

 “Pada musim hujan perlu diwaspadai penyakit demam berdarah. Pada masa ini populasi nyamuk demam berdarah meningkat karena banyaknya tempat berinduk,” kata Mastur
Ia juga mengingatkan masyarakat untuk selalu membuat pengeringan. “Seminggu tidak bikin pengeringan, akan ada sarang,” katanya Kamis (27/6/2013) Kemarin.

Penyakit demam berdarah adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue (tipe 1, 2, 3, 4). Virus ini masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk ini dapat mengganggu sistem pembekuan darah dan pembuluh darah kapiler, sehingga dapat menyebabkan perdarahan.

Air hujan yang tergenang seperti di batok kelapa, kolam, dan tempat-tempat lain dapat menimbulkan jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti, penyebab penyakit demam berdarah.(AF)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template