Headlines News :
Home » , » Pengembangan Obyek Wisata Alam NTB

Pengembangan Obyek Wisata Alam NTB

Written By Fahrurizki on 23 Agu 2012 | 13.36


Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki keanegaraman hayati yang tinggi berupa sumber daya alam yang berlimpah, baik di daratan, udara maupun di perairan. Semua potensi tersebut mempunyai peranan penting bagi pengembangan kepariwisataan, khususnya wisata alam yang mampun di promosikan untuk kancah wisata seperti Gunung Tambora.

Potensi Obyek wisata alam yang dimiliki Nusa Tenggara Barat, antara lain berupa keanekaragaman hayati, keunikan dan keaslian budaya tradisional, keindahan bentang alam, gejala alam, peninggalan sejarah/budaya yang secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat. Keseluruhan potensi obyek wisata alam ini merupakan sumber daya ekonomi yang bernilai tinggi dan sekaligus merupakan media pendidikan dan pelestarian lingkungan.

Pengembangan Obyek wisata alam, sangat erat kaitannya dengan peningkatan produktifitas sumber daya hutan dalam konteks pembangunan ekonomi, sehingga selalu dihadapkan pada kondisi interaksi berbagai kepentingan yang melibatkan aspek kawasan hutan, pemerintah daerah, aspek masyarakat, dan pihak swasta di dalam suatu sistem tata ruang wilayah.

Kendala pengembangan obyek wisata alam berkaitan erat dengan, Instrumen kebijaksanaan dalam pemanfaatan dan pengembangan fungsi kawasan untuk mendukung potensi obyek wisata alam, Efektifitas fungsi dan peran obyek wisata alam ditinjau dari aspek koordinasi instansi terkait, Kapasitas institusi dan kemampuan SDM dalam pengelolaan obyek wisata alam di kawasan hutan, dan Mekanisme peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata alam.(AW)
Share this article :

2 komentar:

  1. setuju banget...supaya pengunjungnya lebih banyak lg :D

    jgn lupa kunjungan + like balik yaa
    www.vacation-star.blogspot.com

    BalasHapus
  2. setuju sekali Pak,, dan jng lupa kunjungi balik

    ardiansyahbima.blogspot.com

    BalasHapus

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template