Headlines News :
Home » » Pusaka Bima Parang La Gunti Rante

Pusaka Bima Parang La Gunti Rante

Written By Fahrurizki on 24 Sep 2012 | 16.39


Uma Solud - La Gunti Rante adalah pusaka yang dibuat pada jaman Kerajaan Majapahit berkuasa di Nusantara. La Gunti Rante parang sakti mandraguna yang pernah dimiliki oleh Kerajaan Bima dimana parang inilah yang nantinya justru membantu Raja-raja Bima berperang. Parang La Gunti Rante merupakan sebilah Parang pusaka yang diberikan oleh Kerajaan majapahit kepada Raja Bima pertama, sebagai simbol tampuk kekuasaan di bawah naungan Majapahit.

Ukiran-ukiran parang La Gunti Rante bersala dari ukiran Majapahit, parang ini terbuat dari kombinasi Emas, Perak dan Besi. Dan dimana di ujung parang terdapat ukiran singa yang mirip dengan patung di candi-candi Majapahit, dimana kepercayaan Jawa Kuno adalah simbol kesaktian.

Parang La Gunti Rante terkenal dengan kemistisannya yang sangat kental dengan kepercayaan orang Bima zaman dulu. Mahluk gaib (dikenal dengan nama jin) tersebut berada pada dimensi imajiner sehingga bagi orang-orang tertentu (yang dapat memasuki dimensi imajiner) dapat melihatnya. Mahluk inilah yang mempengaruhi kekuatan sebuah benda-benda pusaka yang tidak bergantung pada jenis material yang diaplikasikan. Dengan kekuatan tersebut maka sebuah keris mampu untuk mempengaruhi emosional si pemilik/pemegang keris tersebut, seperti menjadi lebih pemberani.

sebutan La Gunti Rante ini karena kesaktian yang dimiliki parang tersebut sangat tinggi karena konon katanya La gunti Rante banyak di isi dengan mahluk gaib, sehingga mampu memutuskan besi atau menebas pohon hanya dengan satu kali tebas.

Karya seni pusaka orang Bima ini mungkin adalah yang terbesar di antara pusaka yang yang ada di antara pusaka lain. Pusaka ini tak diperjualkan melainkan hanya sebagai barang koleksi oleh pihak museum Asi Mbojo. La Gunti Rante hanya bisa di lihat di ruang koleksi Museum Asi Mbojo di Kota Bima.(FN)



 Photobucket
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template