Headlines News :
Home » , » Sembako Naik, Gabah Turun

Sembako Naik, Gabah Turun

Written By Unknown on 28 Jun 2013 | 07.55

Uma Solud - Asakota, Sejumlah petani di Kecamatan Asakota, Kota Bima, mengeluhkan harga gabah yang kini dinilai anjlok tajam. Dalam memasuki musim panen saat ini harga gabah di pasaran hanya laku Rp2.500/kg. Harga ini  jauh dari harga sebelumnya, yakni satu bulan lalu bisa mencapai Rp4.100/kg.

“Harga sembako yang sekarang naik semua setelah kenaikan harga BBM kemarin. Tapi, anehnya harga gabah di pasaran Kota Bima sekarang justru turun," keluh ZakirZaki (42), petani di Kelurahan Jatibaru, Asakota, Kamis (27/6/2013).

Ia mengungkapkan penurunan harga gabah sangat tajam jika dibandingkan dengan harga yang berlaku pada bulan lalu. "Sebulan lalu harga gabah sekitar 4.100 hingg Rp 5.000/kg kini hanya laku Rp 3.000/kg,” ujar Zakir.

Tidak hanya dihargai rendah, lanjut Zakir, pada saat ini para tengkulak gabah juga enggan beli gabah milik petani karena dianggap gabah petani kualitasnya rendah. Pasalnya, kini banyak petani melakukan panen padi sebelum waktunya karena terjadi hujan turun terus-menerus belakangan. Padahal, tidak semua gabah yang dijual petani tersebut hasil panen sebelum waktunya.(SM)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template