Headlines News :
Home » » Pedagang Bengkoang Bertebaran Di Tepi Jalan

Pedagang Bengkoang Bertebaran Di Tepi Jalan

Written By Unknown on 24 Mei 2013 | 15.38

Uma Solud - Kota Bima, Dalam  beberapa pekan terakhir, di sepanjang jalan Bandeng di luar pasar Bima Kota banyak pedagang bengkoang. Ada pedagang yang sengaja membuat kios semipermanen, ada juga yang hanya menggelar dagangannya di tepi jalan, untuk menjajakan dagangan mereka.
Buah yang biasa dibuat rujak dan berasa segar itu kini memang banyak ditanam petani di wilayah Woha dan Wawo. Para pedagang itu juga selalu muncul pada musim panen raya bengkoang seperti saat ini. Apalagai produktivitas bengkoang kali ini meningkat, maka para pedagang pun bertebaran.

Salah seorang petani bengkoang di Desa Wawo Raba, Juleha (40) Jum`at (24/05/2013) kemarin, mengatakan, panen bengkoang tahun ini cukup ramai. Sebab, banyak petani yang menanam bengkoang, dan mereka menanam secara bersamaan. Karena itu, pada saat panen, produksi bengkoang terlihat banyak. “Tahun ini panen bengkoang sangat memnuhi pasaran” kata Juleha.

Bengkoang Bima terkenal dengan rasanya yang manis sehingga diminati banyak orang. Berdasarkan pengamatan Uma Solud, harga buah tersebut di tingkatan pedagang sangat bervariasi.

Bengkoang kualitas sedang dijual dengan harga Rp 5.000 - Rp 6.000 satu ikat (isi 5-7 buah). Bengkoang kualitas super Rp 8.000 - Rp 10.000 per ikat.

Bengkoang kualitas sedang biasanya memiliki ukuran kecil, karena dipetik dari batang bagian bawah, sedang kualitas super dipetik dari batang bagian paling atas. Namun keduanya sama-sama memiliki rasa manis dan empuk.(AG)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template