Headlines News :
Home » , » Keunikan Dan Keindahan Tolopihi Donggo

Keunikan Dan Keindahan Tolopihi Donggo

Written By Unknown on 15 Feb 2013 | 16.20

Jika melihat foto disamping, sekilas terlihat seperti sebuah lapangan pertandingan olah raga. Yang dimana dengan bentuk lingkarannya bisa membuat orang yang pertama kali melihatnya kagum. Foto disamping adalah areal sawah yang sudah ada sejak abad 15 yang lalu yaitu bernama Tolopihi terletak di Desa Kala Kecamatan Donggo Kabupaten Bima.

Tolopihi merupakan sawah yang sangat menarik dan unik untuk di kunjungi. Sejarah Tolopihi ini dari cerita masyarakat setempat yaitu tempat berawalnya sebuah api di Donggo karena nama Tolopihi ini berarti membuat api. Namun sebagian cerita lainnya dari masyarakat setempat dulu Tolopihi ini terbentuk dari jatuhnya sebuah meteor, karena bila di lihat pada musim kemarau memang akan tampak seperti bekas jatuhnya meteor.

Untuk mencapai daerah ini dari Kota Bima bisa menggunakan bus menuju Sila dengan tarif Rp. 10ribu dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Setelah menemukan Pasar Sila, turun di cabang Donggo untuk menuju ke lokasi tersebut, yaitu sekitar 30 menit. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek dengan tarif 15ribu, sesampainya di Donggo Kala, bisa menanyakan langsung masyarakat setempat letak Tolopihi yang bersebelahan dengan Desa mereka.

Tolopihi ini sangat menarik untuk dikunjungi, dan akses jalanpun sudah semuanya di aspal oleh pemerintah Kabupaten Bima, kendaraan roda dua atau roda empat sudah bisa masuk ketempat Tolopihi.(FN)  photo hotel-lambitu-banner-blog_zpse4c12101.gif
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template