Headlines News :
Home » » Siswa SMP N 1 Kota Bima, Membuat Bahan Bakar Dari Sampah

Siswa SMP N 1 Kota Bima, Membuat Bahan Bakar Dari Sampah

Written By Unknown on 20 Des 2012 | 03.41

Uma Solud – Kota Bima, Karya ilmiah siswa SMP 1 Kota Bima yaitu dari sisa botol mineral di jadikan pengganti bahan bakar minyak layak untuk dipatenkan. Meski masih memerlukan penyempurnaan agar dapat digunakan lebih baik, temuan tersebut bisa menjadi suatu kreasi inovasi kebanggaan Kota Bima.

Dalam rangka untuk mengikuti Olimpiade Lomba Praktek Ilmiah Remaja (LPIR),  dengan  berjumlahkan tiga orang yaitu I Putu Teguh Putrawan (14), Nurdina Hijrah (14), dan Safira Ari malingi (14). Dengan di bimbing oleh guru mereka yaitu Nurasiatun (32).

Secara kualitas, karya ilmiah pelajar SMP 1 Kota bima ini, tidak  kalah dengan penemuan sejenis yang dilakukan anak-anak SMA di negara-negara ASEAN. Namun, jika dibandingkan dengan temuan pelajar Jepang atau Taiwan, kondisinya berbeda karena temuan mereka sebagian besar sudah bersifat daur ulang sampah.

Dimana krya ilmiah mereka ini merupakan daur ulang sampah yaitu botol sisa-sisa air mineral di olah untuk dijadikan bahan bakar minyak.

”karya ilmiah kami ini, yaitu berakar pada persoalan sehari-hari dan budaya Indonesia. Sifatnya yang konsumsif juga membuat karya kami mudah digunakan masyarakat Indonesia yang kurang terbiasa dengan bahan ramah lingkungan,” kata Teguh kepada Uma Solud. (FN)



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template