Headlines News :
Home » , » Wisata Ke Makam Sultan Bima Ke-1, Abdul Kahir Mabata Wadu

Wisata Ke Makam Sultan Bima Ke-1, Abdul Kahir Mabata Wadu

Written By Unknown on 22 Nov 2012 | 16.43

Dana Taraha tempat dimakamkannya Sultan Bima ke-1 Abdul Kahir I (1620-1640) terletak di atas bukit Dara Kota Bima,diatas lahan seluas 0,11 hektar. Didirikan pertama kali pada masa pemerintahan Sultan Abdul Khair Sirajuddin (1640-1682) anak dari Sultan Abdul Kahir pada tahun 1640, atas permintaan Sultan Abdul Kahir untuk di kuburkan di Dana Taraha dan untuk menghormati mendiang ayahnya.

Bangunan Makam Dana Taraha ini berdenah segi empat dengan atap melengkung dan di sebelahnya juga terdapat makam Sultan Bima ke-14 Muhammad Salahuddin (1915-1951). Terdapat areal parkiran yang tingginya lebih kurang 200 meter dari permukaan laut, sehingga dari atas bukit ini kita dapat melihat pemandangan Kota Bima dan teluk Bima.

Terdapat juga makam para Keluarga Sultan Bima dan keturunannya seperti: Makam Jene Teke (Putra mahkota), Abdul Kahir II, dan lain-lain.

Makam Dana Taraha ini berlokasi di, kelurahan dara, Kecamatan Rasanae barat,berada di tengah-tengah Kota Bima dan sangat mudah untuk mengunjungi tempat ini.(FN)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template