Headlines News :
Home » » Perlu Di Buka Akses Pasar Untuk Petani Kedelai

Perlu Di Buka Akses Pasar Untuk Petani Kedelai

Written By Fahrurizki on 7 Okt 2012 | 16.54



Petani kedelai perlu dibuka terhadap akses pasar agar mampu meningkatkan kualitas produksi kedelai dan tidak mudah dipermainkan harga oleh tengkulak. Selama ini antara pendapatan yang diperoleh petani kedelai di setiap daerah tidak sama. Dan kebanyakan dari para petani lokal hanya bisa mengandalkan harga dari tengkulak.
“kami hanya perlu dibukakan akses pasar untuk pemasaran kedelai untuk skala National” kata Pak Ali (42) petani kedelai asal Jatiwangi Sabtu (06/10)  kemarin.
Harga kedelai harus menguntungkan petani, sehingga dapat bersaing dengan harga jagung sebagai kompetitor maupun harga kedelai impor. "Diharapkan peningkatan harga kedelai lokal memiliki pengaruh terhadap luas panen di Bima. Karena jika harga riil kedelai lokal menguntungkan bagi usahataninya, petani akan memperluas areal tanamnya.” tegas Pak Ali.
Rata-rata kebutuhan kedelai setiap tahunnya 2,3 juta ton. Untuk memenuhi kebutuhan kedelai tersebut, produksi dalam negeri saat ini menurut Badan Pusat Statistik (BPS) baru mampu memenuhi 907.031 ton atau berkisar 41,22 % dari kebutuhan, sedangkan kekurangannya berasal dari impor.(AF)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template