Headlines News :
Home » , » Gelar Budaya Di Desa Tradisional Mbawa

Gelar Budaya Di Desa Tradisional Mbawa

Written By Fahrurizki on 29 Okt 2012 | 18.20



Uma Solud - Donggo, Desa Mbawa, Kecamatan Donggo, Kabupaten bima  merupakan desa dengan suasana alam dan tradisi yang dilandasi yang pia budaya religi yang kuat. Masyarakat Desa Mbawa mempunyai pandangan hidup yang berdasarkan pada adat istiadat nenek moyang mereka.
Landasan budaya tersebut berpengaruh pada bentukan fisik desa tersebut serta adat istiadat masyarakat.

Masyarakat Desa Mbawa sangat menjunjung keharmonisan dan keselarasan hidup bermasyarakat yang terbukti dengan adanya tiga agama yaitu Islam, Kristen Katolik, dan Kristen Prostestan. Paham ini berpengaruh pada bentukan bangunan di Desa Mbawa  yang tidak menggunakan dinding dari tembok dan atap dan genteng serta jendela kaca.

Dalam kesempatan mengunjungi Desa Mbawa Tim Jelajah Nusantara Kamis (25/10/2012) kemarin sangat menikmati beraneka ragam sajian kesenian Budaya dan menyaksikan langsung kehidupan masyarakat Desa Mbawa, dan antusias warga Desa Mbawa sangat menarik dengan disajikannya tarian Maka untuk penyambutan kedatangan tamu Desa.  

Pola budaya juga berpengaruh pad a aspek non fisik seperti ritual budaya Desa Mbawa, diantaranya tarian Kalero yang menceritakan penghormatan leluhur mereka yang sudah meninggal. Kegiatan yang dilakukan pengunjung yang berasal dari luar sangat di hormati oleh para warga Desa Mbawa.

“kami sangat antusias untuk memperkenalkan Budaya Desa kami kepada para wisatawan”Seperti yang di ungkapkan Yosef (44) atau biasa di sapa la usu yang sekaligus sebagai kepala adat Desa Mbawa atau disebut dengan Ncuhi.(FN)



Photobucket
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template