Headlines News :
Home » , » Uma Jati Bima di Lirik Wisatawan

Uma Jati Bima di Lirik Wisatawan

Written By Fahrurizki on 18 Sep 2012 | 23.45


Uma Solud - Bima, Rumah kayu Jati atau dengan bahasa Bimanya Uma Jati yang terbuat dari kayu Jati, memberikan daya tarik tersendiri terhadap wisatawan Mancanegara maupun wisatawan Domestik, dan banyak di tahun ini wisatawan datang ke Bima hanya ingin melihat proses pembuatan rumah kayu.

Hal ini diakui oleh pihak travel atau guide untuk wisatawan, kebanyakan wisatawan Jepang dan Australia membayar khusus untuk pergi berkunjung ke wera hanya untuk melihat proses pembuatan rumah kayu tersebut.

Perjalanan wisata ini dapat menyuguhkan pengalaman yang tak terlupakan. Sebab, wisatawan dapat memperoleh cukup waktu untuk melihat proses pembuatan rumah  sembari menikmati kehidupan warga pedesaan di Wera. 

Tidak cuma melihat proses pembuatan batik, para pelancong pun boleh ikut membantu dalam proses pembuatan rumah. 

Rumah kayu jati Wera lebih kaya dengan ornamen gaya Melayu. Ada kalanya dikombinasi dengan ornamen  bugis. Jadilah, belakangan ini beberapa tukang kayu mulai mencoba menelurkan ornamen baru yang isinya merekam aktivitas keseharian masyarakat. Guratan ornamen Bima dewasa ini cenderung menyiratkan makna secara tegas. Jauh lebih lugas ketimbang corak ornament daerah lain.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template