Headlines News :
Home » , » Perokok Aktif Di Kota Bima Meningkat, 25% Adalah Pelajar

Perokok Aktif Di Kota Bima Meningkat, 25% Adalah Pelajar

Written By Fahrurizki on 26 Sep 2012 | 00.25


Uma Solud – Kota Bima, Di Bima tidak begitu mengherankan lagi semakin bertambahnya Perokok aktif di kalangan remaja atau pelajar terus meningkat. Selain rokok, permasalahan narkoba juga mulai mengancam kehidupan remaja di Kota Bima. Malah, masalah narkoba di kalangan remaja ini seperti fenomena gunung es yang harus terus diwaspadai. 

Hal mudah yang membuat remaja atau pemuda di Kota Bima dengan mudah mendapatkan rokok yaitu banyaknya pedagang yang menjual ketengan sehingga mudah dijangkau dengan mudah walaupun uang saku mereka bercukupan.

Ada tren peningkatan di antara remaja maupun pelajar. Itu pengaruh pendidikan. Tiga media pendidikan yaitu di rumah, di sekolah dan di masyarakat harus berimbang. Ketiga media itu tidak memberikan pendidikan yang berimbang, salah satunya soal keteladanan.

Saat ini terdapat 1.100 juta penghisap rokok di dunia yang 45% masih pelajar. Tahun 2025 diperkirakan akan bertambah hingga mencapai 1.640 juta remaja. Setiap tahunnya, diperkirakan 4 juta orang meninggal dunia karena kasus yang berhubungan dengan tembakau. Berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1999, sekitar 250 juta anak-anak di dunia akan meninggal karena tembakau apabila konsumsi tembakau tidak dihentikan secepatnya.

Menurut survei di beberapa SMP & SMA di Kota Bima, setiap siswa di sekolahnya mulai mengenal bahkan mencoba merokok dengan presentase 20% sebagai perokok aktif yang terdiri atas 25% putra. Dan berdasarkan pemantauan lanjutan dari para pelajar yang merokok itu sebanyak 25% Drop Out.

Kebiasaan merokok bagi para remaja & pelajar bermula karena kurangnya informasi dan kesalahpahaman informasi, termakan iklan atau terbujuk rayuan teman. Diperoleh dari hasil angket Yayasan Jantung Indonesia sebanyak 77% siswa merokok karena ditawari teman. Sehingga tanpa mereka sadari racun berlahan menggerogoti tubuhnya.(FN)



Photobucket
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template