Headlines News :
Home » » Kemanakah kita Akan Membawanya?

Kemanakah kita Akan Membawanya?

Written By Fahrurizki on 18 Okt 2013 | 18.21

Dalam suatu program dari Pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bernama “Menuju Visit Lombok Sumbawa” yang bertujuan untuk mempromosikan potesi wisata di tiap-tiap Daerah NTB termasuk Festival Hanta Ua Pua di Bima, mempunyai potensi yang sangat besar bila untuk mengundang wisatawan dan lirikan mata Dunia.

Hanta Ua Pua mempunyai latar belakang sejarah yang sangat kuat dengan perkembangan Islam di Indonesia dan Dunia, karena festival ini mempunyai nilai yang lebih dengan proses pelaksanaannya dan ke aneka ragaman atraksi yang di pamerkan, seperti pasukan Kuda dan rumah mahlige yang di arak dari Kampung Melayu menuju Istana Kesultanan Bima. Festival ini sejenis spirit moment bagi masyarakat Mbozo (sebutan untuk Bima dengan bahasa adat).


Yang menjadi pertanyaannya yaitu mampukah Pemerintah Kabupaten Bima atau Pemerintah Kota Bima mempromosikan Hanta Ua Pua ini di kancah Nasional dan Internasional, dimana tolak ukur Bali maupun Lombok yang masih menjadi favorit wisatawan domestik atau mancanegara. Dalam persaingan promosi wisata, pemerintah Kabupaten bima dan Kota Bima harus mempunyai Strategi yang mumpuni, apalagi dalam satu daerah Bima mempunyai dua pemerintahan Kabupaten dan Kota yang dimana bila kekuatan strategi keduanya join for work mungkin akan mampu membuat Nasional maupun Dunia melirik Festival Hanta Ua Pua.

Dan dukungan masyarakatpun harus Optimis agar  melestarikan Hanta Ua Pua ini, dan masyarakat juga harus mempunyai kecintaan mereka akan budayanya sendiri. Jangan hanya Hanta Ua Pua hanyalah seremonial yang berlalu begitu dan di nikmati dalam beberapa jam, tapi yang harus ditekankan disini yaitu kecintaan terhadap budaya sendiri.
Oleh : Fahrurizki
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template