Headlines News :
Home » , » Sampah Plastik Ancam Kelestarian Mangrove

Sampah Plastik Ancam Kelestarian Mangrove

Written By Unknown on 20 Mei 2013 | 17.45

Uma Solud – Tanjung, Sampah-sampah plastik mengancam kelestarian hutan mangrove di Kelurahan Tanjung, Kota Bima, pasalnya pembuangan sampah terus dilakukan di dalam kawasan tersebut, sehingga merusak ekosistem di dalam hutan mangrove tersebut, bukan hanya merusak, juga membuat ikan-ikan maupun kepiting yang biasa bertandar di mangrove telah berkurang.


"Banyak ikan kecil yang selama ini berlindung di akar mangrove akhirnya mati oleh sampah-sampah plastik," kata Memet (28) nelayan yang tinggal di sekitar wilayah Tanjung.

Arifin (27) Selaku pencinta kawasan konservasi mangrove, dia melihat banyaknya sampah plastik di di tepi kawasan mangrove sepanjang Tanjung – Kampung Sumbawa, Kecamatan Rasanae Barat.

"Sampah-sampah plastik itu dapat mengakibatkan kerusakan mangrove. Padahal di Tanjung banyak terdapat biota laut, termasuk sejumlah burung unik yang tidak ada di belahan dunia lain," kata Arifin yang sering melihat keadaan wilayah tersebut.

Menurut dia, jalinan kerja sama itu tidak bisa ditawar-tawar lagi selama semua pihak menginginkan kelestarian mangrove  tetap terjaga.

"Perlu kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam melestarikan mangrove yang menjadi tempat berlindung spesies laut," katanya.(SM)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template