Headlines News :
Home » , » Mengunjungi Situs Wadu Tunti

Mengunjungi Situs Wadu Tunti

Written By Fahrurizki on 12 Nov 2012 | 15.57

Uma Solud - Desa Bumi Pajo, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima adalah salah satu pusat persebaran pariwisata sejarah dan budaya di Kabupaten Bima. Dari arah Dompu, wilayah Kabupaten Dompu dapat ditempuh dengan kendaraan selama kurang lebih 30 menit. Sepanjang perjalanan dari Dompu, Madapangga, Bima, dan Rora, kita akan mendapati pemandangan alam yang menakjubkan yang akan memanjakan mata.

Selama berabad-abad lamanya Kerajaan Majapahit berkuasa di Nusantara sehingga begitu banyak candi ditemukan di wilayah Indonesia. Pusat Kerajaan Majapahit diperkirakan berada di sekitar Desa Trowulan, Mojokerto. Namun artikel review tempat wisata kali ini tidak akan membahas bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit. Artikel ini akan membahas salah satu tempat wisata alam di Donggo, yaitu Situs Wadu Tunti yang terletak di Desa Bumi Pajo, Dusun Ncuhi, sebagai salah satu bukti kebesaran Kerajaan Majapahit hingga timur.

Diduga Situs Wadu Tunti ini mempunyai cerita seperti gambaran yang terdapat di batu, dan ada yang menyebutnya sebagai salah satu bukti bahwa di batu itu cerita keluarga Gajah Mada. Wadu Tunti kuno yang dibuat pada abad ke 14 ini juga mempunyai cerita tersendiri bagi masyarakat Dusun Ncuhi, karena sebagian masyarakat meyakini bahwa Wadu Tunti itu di tulis oleh nenek moyang mereka sejak kedatangan kerajaan Majapahit.

Situs Wadu Tunti ini menceritakan tentang seorang bangsawan Jawa yang duduk di singasananya dan di kelilingi oleh dua orang prajurit, dan seorang seorang perempuan memberikan penghormatan, dan di bawahnya terdapat gambar yang menyerupai seekor anjing penjaga, situs kerajaan Majapahit memang sangat menarik, terutama  bagi anak - anak. Di sini mereka bisa belajar banyak hal tentang kebudayaan dan peninggalan bersejarah.(FN)




Photobucket


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template