Headlines News :
Home » » Wisata Ke Makam Ruma Bicara

Wisata Ke Makam Ruma Bicara

Written By Fahrurizki on 15 Okt 2012 | 18.33



Uma Solud – Kota Bima, Kompleks makam Bata terletak di pemakaman umum Kelurahan Pane Kota Bima, di makam Bata ini tempat dikuburkannya Ruma Sakuru atau Abdul Qurais beserta keturunannya. Ruma Sakuru dulu sejak zaman Kesultanan Bima menjabat sebagai Ruma Bicara (jabatan dalam kesultanan Bima). Ruma Bicara merupakan wakil dari Sultan atau setingkat dengan Perdana Mentri.

Ruma Sakuru banyak berjasa membangun nama besar Kesultanan Bima di Reo Manggarai, beliau menduduki jabatan sebagai kepala wilayah Reo, karena Reo Manggarai Timur dulunya termasuk wilayah taklukkan Kesultanan Bima.

Kompleks Makam Bata ini terletak di tengah-tengah perkuburan warga di Pane, karena menurut cerita warga semasa hidupnya Ruma Sakuru dulunya memberikan sebagian tanahnya untuk tempat tinggal rakyat jelata dan banyak membantu warga disekitar rumahnya.

Tahun 2000 makam Bata ini di pugar dan resmi dijadikan Cagar Budaya oleh pemerintah Kota Bima, dan juga banyak wisatawan lokal berkunjung di makam ini di hari-hari libur mereka, paling banyak saat hari peringatan Maulid. Kompleks makamnya dikelilingi pagar tembok berwana putih, untuk Ruma Sakuru beserta keluarga dan keturunannya.(FN)



Photobucket
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template