Headlines News :
Home » , » Wisata Religi Makam Tolobali

Wisata Religi Makam Tolobali

Written By Fahrurizki on 21 Sep 2012 | 17.20


Uma SoludKota Bima, Dalam menanggapi kebudayaan yang berkembang di Bima yang dimana didominasi oleh pengaruh agama Islam, walaupun sebagian budaya Hindu tampak terlihat pada cagar budayanya. Sultan Abdul Khair Sirajuddin dan Syekh Umar Al-Bantany  merupakan kedua tokoh bersejarah yang ikut andil menyebarluaskan ajaran Islam tanah Mbojo (Bima).

Kedua orang tersebut bukan hanya menyebarluaskan agama Islam, tetapi juga ikut aktif membangun kemajuan bagi masyarakat setempat melalui bidang pendidikan, membaca, dan menulis, seni budaya, serta penanaman kearifan lokal yang bersumber dari ajaran agama.

Setelah kedua tokoh tersebut  meninggal dunia, masyarakat mengingat jasa mereka dengan cara membangun tempat pemakaman yang agung dan megah yang di kenal dengan pemakaman Tolobali. Kegiatan keagamaan yang tampak adalah ikut mendoakan arwah kedua tokoh melalui kegiatan ziarah kubur.

Pemakaman Tolobali berkembang menjadi tempat wisata religi yang sering dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai penjuru Nusantara. Karena warga yang tinggal sekitar makam sudah mulai peduli dengan makam dan sering melakukan gotong royong membersihkan makam.(FN)



Photobucket
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template