Headlines News :
Home » , » Musim Hujan Tiba Petani Jatibaru Bersyukur

Musim Hujan Tiba Petani Jatibaru Bersyukur

Written By Fahrurizki on 6 Sep 2012 | 23.28


Uma Solud – Jatibaru, Bagi sebagian masyarakat, musim hujan bisa jadi tidak diharapkan karena bakal membawa bencana kebanjiran. Namun, lain halnya dengan petani pemilik lahan tadah hujan di Kecamatan Asakota, Kelurahan Jatibaru  yang justru menganggap hujan sebagai anugerah, karena musim panas kali ini, petani Jatibaru minim akan kebutuhan air .

Pasalnya, hujan yang turun terus menerus bisa membantu petani di daerah ini menanam padi, tanpa harus mengeluarkan dana lebih menyewa mesin pompa air."kita sangat bersukur, hujan bisa turun dimasa tanam seperti ini. Jadi nggak usah repot sewa mesin pompa,"kata Burhan (51), Petani asal Jatibaru saat diwawancarai Uma Solud Juma`at (07/09/2012) pagi tadi.

Petani di Desa ini memang cukup antusias menyambut musim hujan kali ini, sebab pemilik lahan pertanian tadah hujan tidak harus merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mengairi sawahnya dengan menyewa mesin pompa air. Apalagi, untuk mengoperasikan mesin pompa itu, para petani juga harus membeli bensin sebagai bahan bakarnya.

"coba bayangkan kalo saya harus menyewa mesin pompa air, ada 10 hektar. Kalau harus diairi terus setiap musim tanam, rugi juga. Apalagi pengairan irigasi di sini belum begitu merata,"ungkapnya lagi. Kini, petani di daerah ini sebagian sudah ada yang menyemai bibit, bahkan ada pula yang sudah mulai menanam padi. (AF)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template