Headlines News :
Home » , » Ingat Kuda Ingat Bima

Ingat Kuda Ingat Bima

Written By Fahrurizki on 20 Sep 2012 | 16.31


Uma Solud – Kota Bima, berbagai macam cara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bima melakukan promosi mengenai kuda, seperti pawai kuda, lomba joget kuda, dan pacuan kuda. Ber aneka ragam promosi terus dilakukan untuk menarik perhatian wisatawan mancanegara maupun domestik untuk mengangkat potensi kuda.

Kuda merupakan salah satu andalan Bima untuk daya tarik wisatawan, dan kuda juga merupakan binatang yang sangat melekat dengan tradisi orang Bima sejak dulu seperti kuda liar di ambil air susunya, pacuan kuda dengan joki kecilnya dan berbagai macam tradisi yang dilakukan dengan kuda.

Orang Bima mempunyai kepercayaan tersendiri tentang kuda sejak dulu, bahwa kuda merupakan simbol kekuasaan bagi orang yang memeliharanya, semakin banyak kuda yang di miliki maka semakin kaya.

Tradisi yang unik dan menarik yaitu pacuan kuda, dimana jokinya merupakan anak-anak yang berusia antara umur 12 hingga 15 tahun, mereka (para joki) bukan diajarkan denga cara profesional tetapi dengan nyali, calon joki hanya melihat temannya yang sudah terbiasa menunggang kuda kemudian dia (calon joki) langsung memprakteknya sendiri.(FN)

Photobucket
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template