Headlines News :
Home » , » Kearifan lokal terhadap pemeliharaan lingkungan hidup di Desa Kawau

Kearifan lokal terhadap pemeliharaan lingkungan hidup di Desa Kawau

Written By Fahrurizki on 4 Agu 2012 | 20.13

Desa Gunung Kawau Kecamatan Lambitu, Kabupaten Bima memiliki kearifan lokal untuk peningkatan hasil pertanian dan pemeliharaan lingkungan hidup. Kearifan lokal tersebut meliputi sistem penggalan yang juga disebut sistem penanggalan Mbojo digunakan untuk menentukan musim tanam sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian dan juga menghindari hama. Kearifan lokal lainnya adalah pengikatan daun ke pohon untuk menjaga pohon dari serangan hama dan agar pohon cepat berbuah. Kearifan local lainnya yang berdampak terhadap pemeliharaan sumber daya alam adalah tradisi gotong royong untuk membersihkan kampung.

Kearifan local tersebut di atas dapat menjadi cerminan pemeliharaan sumber daya alam  kedepan, dalam bentuk pembangunan yang berkelanjutan. Pembangunan yang menghasilkan, namun tetap arif terhadap alam. Pengurangan penggunaan pupuk kimia dan pestisida berbahaya dan menggantinya dengan pupuk alami dan pestisida nabati merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan pekerja-pekerja pertanian saat ini.

Kearifan lokal yang ada di kampung Kawau berupa gotong royong dapat dilestarikan dengan senantiasa menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa kebersihan lingkungan adalah penting bagi kesehatan warga, apalagi mengingat dengan kebiasaan warga yang membuang sampah diselokan. Sistem kearifan lokal  yang berupa sistem penanggalan pertanian sudah mulai ditinggalkan, terlihat dari semakin sedikitnya masyarakat yang menggunakan sistem ini, hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakan.

Kehidupan yang senantiasa berpatokan pada alam merupakan peninggalan nenek moyang mereka, di Desa Kawau kehidupan masih di bilang sangat alami karena sistim rumah tangga mereka masih terpaut dengan alam, seperti bila memasak mereka tidak menggunakan minyak tanah, tetapi mereka masih menggunakan kayu bakar yang dikumpulkan di gunung.(FN)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template