Headlines News :
Home » , » Seribu Kisah Di Desa Tua Mbawa

Seribu Kisah Di Desa Tua Mbawa

Written By Unknown on 16 Sep 2013 | 16.30

Uma Solud – Bima, Di tengah derasnya pertumbuhan pariwisata dan perkembangan perkotaan, suatu daerah di Indonesia, sebuah pemukiman mampu mempertahankan tradisi berumur ratusan tahun untuk hidup berdampingan dengan gemerlap dunia modern. Itulah Desa Adat Mbawa - Donggo. Berlokasi di kabupaten Bima, sekitar 40 km dari Kota Bima. Desa Adat Mbawa ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Bima.

Penduduk dari daerah Mbawa di Donggo pindah ke tempat desa ini berada sekarang. Nama Mbawa sendiri belum ada kepastian bersal dari kata mana, untuk mengingat para leluhur masyarakatnya menamakan Mbawa. Segala pengembangan fisik desa dan pengembangan budayanya masih mengacu pada tanah leluhur yang masih ada di Donggo.

Bahkan untuk berbagai upacara adat tertentu masih harus memohon restu ke tanah leluhur tersebut.
Tata ruang desa Mbawa ini seperti tangga, dimana di buat untuk sebuah sawah dan pemukiman, konon katanya bentuk tata ruang tangga tersebut, juga bisa menjadi sebuah benteng perlindungan dari gangguan perompak.

Pemandangan desa Mbawa tergolong masih perawan, dari atas ketinggian gunung Donggo mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan Kota Bima yang terlihat dari atas Donggo, jalanan ke Mbawa pun sudah di hotmix sehingga motor ataupun mobil dapat berjalan dengan baik.(FN)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Topik Populer

Arsip Blog

Untuk Berlangganan, masukan email anda:

 
Support : Bimaku Tanahku | Kampung Media |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KM Samparaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template